Senin, 18 Mei 2009

Mengecek driver hardware

Alo teman teman cemua, he he low bingung dengan judul yang aku buwat itu ya ????? he he emang sich aku juga bingung nentuk in judul apa yang pas untuk postingan gua kali ini, sebetulnya postingan ini gua bikin setelah muncul hasrat untuk membuat postingan lagi sehingga gua semangat lagi untuk membuat postingan untuk blog gua yang gua campakin karena terbengkalai dan berbenturan dengan acara padat gua sebagai pelajar.

Adapun acara yang gua jalani saat membuat postingan ini yaitu sebelumnya menghadapi test akhir semester atau test kenaikan kelas, untuk tes kenaikan ke kelas 3 dan ALHAMDULILLAH nya gua naik kelas tiga. Selain test juga ada acara yang membuat kegiatan hidup gua jadi ribet yaitu nilai gua yang belum tuntas pada nilai pelajaran kejuruan sehingga tiap malam gua lembur untuk mengerjakannya. He he he pembaca said “dasar anak malas loe”.

Eh kok jadi topic switching ya he he he, ayo kita lanjutin lagi. Maksud dari judul yang gua bikin tuch, setelah kita melakukan perakitan atau instal ulang os (operating system) pastinya ada hardware yang sifatnya PNP (Plug n Play) yang artinya tanpa memerlukan driver yang harus di instal pada komputer, contoh biasanya yaitu mouse PS2, keyboarad PS2, dll. Tetapi selain PNP ada juga hardware yang memerlukan instalan driver.

Dengan adanya masalah itu kita perlu untuk mengetahui apakah hardware yang terpasang pada PC (Personal Computer) sifatnya PNP ataukah tidak, jika tidak apakah hardwarenya sudah di instal driver agar dapat digunakan. Sehingga ikutilah langkah langkah berikut untuk mengetahui apakah hardware yang terpasang perlu adanya driver yang diinstal agar hardware dapat digunakan secara maksimal.

Pertama yang harus loe lakuin adalah pastikan hardware yang dibutuhkan terpasanga pada PC. Kemudian masuk pada windows klik kanan pada My Computer kemudian klik properties.


Setelah mengklik properties pada My Computer maka secara otomatis akan muncul kotak dialog baru dengan nama System Properties kemudian klik tab hardware.


Pada kolom device manager loe akan nemuin tombol device manager. Klik lah tombol tersebut maka akan muncul kotak dialog baru dengan nama device manager.


Dari device manager lah kita dapat tahu apakah hardware yang terpasang pada pc perlu menginstal driver atau kah tidak dengan jalan melihat apakah ada komponen yang berupa tanda tanya, jika ada berarti hardware tersebut memerlukan adanya penginstalan driver.

Cukup ya sampai disini aku memberikan pengalaman gua di tempat magang semoga dengan adanya postingan ini dapat bermanfaat bagi semua khususnya bagi diri gua sendiri dan pernyimak postingan blog gua. Amin. Eh jangan lupa coment ya he he he

3 komentar: